fbpx

Apakah yang ada di pikiran Anda ketika mendengar istilah “OOTD (Outfit Of The Day)”? Pasti hal pertama yang terlintas di pikiran ialah pakaian dan aksesoris yang menghiasinya, mulai dari ujung rambut hingga mata kaki yang dikenakan pada hari tersebut. Bagi penggemar fashion, semua sudut tubuh wajib diperhatikan, termasuk apa yang melingkar di pergelangan tangan, yaitu jam tangan.

Sudah bukan rahasia umum bahwa memberi sentuhan fashion pada jam tangan tidak hanya persoalan memilih dial jam yang elegan atau sporty saja, tetapi yang tidak kalah penting ialah strap atau tali jam itu sendiri.

Leather Strap, Tali jam tangan bahan Kulit

Apa Itu Strap?

Jika menilik dari artinya secara harafiah, “strap” dapat diartikan sebagai tali atau ikat yang merekat atau melilit suatu objek. Namun, strap yang dimaksud dalam hal ini ialah tali jam yang memiliki fungsi untuk mengaitkan jam tangan dengan tangan si pengguna. Dengan demikian, keberadaan strap sangatlah penting pada sebuah jam tangan.

Oleh karena kegunaannya yang sangat vital, strap pun mendapat perhatian khusus dari para pengguna jam tangan. Kehadirannya bukan hanya melengkapi dial jam, melainkan juga sebagai aksesoris yang dapat memberikan kenyamanan dan keindahan saat dipakai.

Jenis-jenis Strap: Leather, Rubber, Nato, dan Zulu

Strap yang baik tidak hanya memiliki kualitas baik, melainkan juga cocok digunakan untuk situasi tertentu. Sebagai contoh, Anda tidak mungkin menggunakan strap berjenis Rubber untuk jam tangan bermerek Rolex atau Patek Phillipe, misalnya. Pada contoh pemilihan strap berdasarkan situasi, strap berbahan kulit (leather) akan lebih cocok digunakan untuk situasi formal atau bagi mereka yang ingin tampil elegan dan dewasa, sementara strap berbahan karet (rubber) lebih cocok untuk mereka yang aktif dengan mobilitas tinggi, seperti berolahraga ataupun aktivitas outdoor lainnya.

Saat ini, strap telah memiliki banyak sekali varian. Namun, pada umumnya strap yang cukup populer di dunia ialah strap berjenis Leather, Rubber, Nato, dan Zulu. Keempat jenis strap ini dapat dikatakan menjadi pilihan yang paling diminati oleh para pengguna jam tangan. Selain karena peminatnya yang banyak, keempat jenis strap ini juga dinilai cocok untuk mendukung penampilan di berbagai aktivitas pengguna.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut diulas secara khusus jenis-jenis strap yang paling populer, yakni Leather, Rubber, Nato dan Zulu serta kegunaannya secara umum.

Strap Leather atau Tali Jam Tangan bahan kulit

Strap Leather atau Kulit

Strap berbahan kulit (Leather) merupakan satu dari sekian jenis strap yang paling diminati, khususnya oleh kaum pria. Strap jenis ini dinilai sangat cocok untuk situasi formal atau semi formal. Selain karena bahannya yang awet, strap yang umumnya dibuat dari kulit buaya dan ular ini juga terlihat elegan saat dikenakan di tangan karena umumnya memiliki warna yang senada dengan warna kulit.

Adapun strap berjenis Leather dapat dinilai kualitasnya dari tingkat ketebalan, keempukan, dan elastisitasnya. Strap Leather yang baik akan mampu bertahan lama dan tidak menimbulkan goresan atau bekas luka ketika digunakan di tangan. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi produsen strap untuk memproduksi strap Leather yang demikian sehingga tidak mengherankan bahwa banyak produsen yang memilih memproduksi strap jenis ini secara homemade supaya kualitasnya lebih terukur.

Strap Rubber, Tali Jam Tangan bahan karet

Strap Rubber atau Karet

Strap berbahan karet (rubber) nampaknya tidak asing bagi para anak muda. Sebab, berbeda 180 derajat dengan Leather, Strap Rubber cenderung memberi kkesan santai (casual) dan sporty. Strap yang dibuat dengan bahan dasar karet ini memang sangat cocok digunakan untuk aktivitas aktivitas outdoor yang dinamis, seperti olahraga hingga hiking.

Selain berbobot ringan, umumnya strap berbahan karet memiliki varian warna yang lebih mencolok sehingga sangat cocok digunakan oleh anak muda yang cenderung gemar tampil colorful atau eyecatching.

Strap Nato by TIK-TOK Watch Repair

Strap Nato

Selain Rubber, Strap Nato juga memiliki bobot yang ringan serta ketebalannya pun cukup tipis jika dibandingkan dengan strap jenis lainnya. Strap Nato umumnya berbahan dasar nilon, namun ada juga yang dibuat dari bahan dasar kulit. Namun begitu, kualitas strap berjenis ini umumnya masih di bawah dari Strap Leather dan ditawarkan dengan harga yang relatif lebih murah.

Adapun mekanisme pemakaian strap jenis Nato ini cukup sederhana sebagaimana yang diterapkan pada Strap Rubber, yaitu dengan melingkarkan tali Nato ke tangan dan mengarahkan besi bar pada lubang tali sesuai ukuran pergelangan tangan. Dengan demikian, strap jenis ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas harian dan situasi santai.

Strap Zulu

Strap Zulu

Strap berjenis Zulu merupakan tali jam yang identik dengan Strap Nato. Keduanya secara umum terbuat dari bahan dasar nilon. Namun perbedaan di antara keduanya dapat disimpulkan sebagai berikut.

  1. Strap Zulu memiliki bahan yang lebih tebal dan kuat dibanding Nato;
  2. Strap Zulu dan Nato bertipe 3 ring memiliki model yang serupa, namun pada Strap Nato terdapat doubel layer di bawah jamnya sehingga tampak lebih tebal; dan
  3. Strap Zulu dan Nato bertipe 5 ring sama sama menggunakan doubel layer di bawah jamnya, namun pada Strap Nato hanya terdapat 2 ring di satu sisi, sementara Zulu terdapat 4 ring: masing-masing 2 pada sisi kiri dan kanannya.

Sebagaimana Strap Rubber dan Nato, Strap Zulu juga sangat cocok digunakan untuk aktivitas santai, baik di dalam ruang maupun di luar ruang.

Untuk mengetahui perbedaan Nato dan Zulu bisa di ketahui lebih lanjut di artikel ini https://www.natozulu.com/content/11-zulu-strap-vs-nato-strap-difference

Pada akhirnya, tujuan utama pemakaian sebuah jam tangan selain sebagai pengingat waktu juga sebagai aksesoris yang dapat memperkuat karakter dari si pengguna. Oleh karena itu, setiap detail jam pun sangat penting menjadi perhatian, termasuk strap. Pilihlah strap secara benar sehingga dapat menimpulkan kesan matching, tidak hanya dengan dial jam, melainkan situasi, bahkan karakter Anda sendiri.

TIK-TOK Watch Repair sangat mengerti kebutuhan Anda dalam penggunaan jam tangan dan strap. Untuk itu, kami menghadirkan pelayanan unggulan, mulai dari service, polish, pergantian part, hingga penjualan strap jam tangan yang sangat variatif. Kunjungi toko-toko offline kami di Jakarta, Surabaya, Solo, dan Bali serta website resmi kami www.tiktokrepair.com dan toko online TIK-TOK Watch Repair di Tokopedia untuk mendapatkan strap favorit Anda secara online!

Leave a comment

Open chat
1
Hi,

You will be connected to TIK-TOK Watch Repair customer service.

Please click the button below to have a direct WhatsApp chat with us.

------------------

Hi,

Anda akan terkoneksi dengan customer support kami dari TIK-TOK Repair

Silahkan gunakan tombol di bawah ini untuk memulai chat.
Powered by