Key Points :

  • Apasih Perbedaan jam tangan Automatic dengan Jam tangan Quartz
  • Cara kerja dan Mekanisme Movement, Mana yang paling cocok untuk anda?
  • Keunggulan dan kelemahan yang dimiliki jam tangan Automatic dan Quartz

Kebanyakan orang memiliki pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli jam tangan baru. Umumnya mempertimbangkan tiga faktor, seperti faktor harga, merek dan desain. Tetapi bagaimana dengan jenis movement jam itu sendiri? Automatic atau Quartz? Kira-kira yang mana yang akan anda pilih? Apa perbedaan dari jam tangan Automatic dengan jam tangan Quartz?

Secara singkat, dalam istilah awam jam tangan Quartz bergerak menggunakan energi dari baterai. Sedangkan jam tangan Automatic masuk kedalam kelompok jam tangan mechanical movement, menggunakan energi kinetik yang dihasilkan oleh pergerakan tangan pengguna.

Automatic

Quartz

Dibuat pada tahun 1777 Dibuat pada tahun 1972
Menggunakan rotor, bandul dan pegas pada mekanisme pergerakan mesin jam (Mechanical Movement) Menggunakan osilator elektronik
Dimensi bisanya lebih besar dan berat Lebih kecil dan relatif ringan
Sumber daya jam menggunakan Gerakan yang diberikan pergelangan pada saat dipakai penggunanya Sumber daya jam menggunakan baterai

Kami akan membantu anda menemukan perbandingan jam tangan otomatis vs. kuarsa lebih lanjut

1. Automatic Watch

Jam tangan Automatic mengusung mechanical movement pada perputaran mesin jamnya. Mechanical movement sendiri merupakan movement yang paling klasik dalam mekanisme perputaran jam. Selama beberapa tahun terakhir, hanya sedikit perubahan yang diberikan ketimbang jam tangan jenis lain. Jam tangan Automatic menggunakan pegas sebagai perangkat penyimpan energi, energi yang disimpan merupakan energi kinetic yang dihasilkan oleh Gerakan tangan penggunanya. Panjang pegas menentukan kapasitas cadangan daya yang disimpan, setiap gerakan yang dihasilkan, pegas akan menerima energi melalui rangkaian roda gigi. Sehingga anda hanya perlu memutar atau menggerakan jam ketika cadangan daya jam habis. Sebagian besar jam tangan memiliki daya cadangan mencapai 38-40 jam. Meskipun kini ada yang dapat berjalan lebih lama dari biasanya.

Cocok Sebagai barang investasi, jam tangan Automatic seringkali memiliki prestise tersendiri bagi pemiliknya terutama sebagai barang koleksi. Buktinya banyak pabrikan jam tangan terkenal dunia seperti Rolex dan Omega menggunakan mechanical movement disetiap produk mewahnya. Karna seni dalam pembuatan jam tangan merupakan karya yang hanya dimiliki segelintir orang. Jadi jiika anda berminat ingin membeli jam tangan yang akan bertahan selama beberapa dekade dan bahkan nilai value-nya akan meningkat, jam tangan dengan pergerakan Automatic cocok sebagai pilihan anda. Banyak para kolektor menyukai jam tangan Automatic ini sebagai barang koleksi, karena memiliki ketahanan dan prestise tinggi yang hanya didapatkan pada jam tangan Automatic.

Akurasi perputaran waktu, dibalik keindahan dan kerumitan mesinnya, jam mechanical movement punya kekurangan. Ia rentan terhadap guncangan atau benturan keras. Karena semua komponen terhubung secara mekanik, guncangan akan mempengaruhi pergerakannya. Akibatnya akurasi jam mekanikal biasanya akan terpengaruh. Dengan begitu Jam tangan mekanik seharusnya mampu bersaing dengan Quartz movement dalam hal akurasi. Setiap hari, waktu menjadi beberapa detik kurang akurat. Jadi, jika Anda ingin aman dan dapat membaca waktu dengan akurat, Anda harus menyetel ulang jam tangan Anda setiap minggu.

Dimensi dan Berat, Sebuah gerakan mekanis membutuhkan ruang. Bahkan, dibutuhkan lebih dari satu kuarsa kecil. Oleh karena itu, jam tangan mekanik, terutama jam tangan otomatis, jauh lebih bervolume dan lebih berat daripada jam tangan kuarsa. Namun demikian, ada juga cukup banyak orang yang peduli akan hal itu. Tapi di sini sekali lagi, itu tergantung pada tujuan penggunaan: apakah Anda lebih suka memakai jam tangan dalam pekerjaan sehari-hari atau untuk olahraga?

Mekanisme kerja mesin, jam tangan otomatis tidak memerlukan mesin jam untuk dililit oleh kenop jika jam tangan dipakai setiap hari. Oleh karena itu cukuplah memakai jam tangan setiap hari. Anda hanya perlu memutar/menggerakan dengan tangan ketika cadangan daya habis. Hal ini disebabkan oleh sistem penggulungan yang canggih di dalam mesin jam. Anda dapat menemukannya pada jam tangan dengan bagian bawah transparan. Di sini, Anda biasanya dapat melihat rotor belitan setengah lingkaran, yang juga disebut berat berosilasi. Ini berosilasi saat jam tangan dipakai, sehingga meregangkan pegas dan mengisi ulang dengan sendirinya.

Jam-Quartz
(C) Wikimedia Commons

2. Jam tangan Quartz

Mekanisme kerja mesin, Dalam industri jam tangan, jam tangan Quartz adalah revolusi besar abad terakhir dalam dunia horologi. Produksi massal berbiaya rendah, jauh lebih terjangkau daripada produksi gerakan mekanis yang rumit. Mekanisme kerja pada mesin jam tangan Quartz menggunakan osilator elektronik yang diatur oleh kristal kuarsa untuk menjaga keakuran waktu berputar.

Sumber energi pergerakan mesin, Jam tangan kuarsa menggunakan baterai sebagai penggerak mesin waktu, baterai sendiri memiliki fungsi sebagai penyimpan energi gerakan kuarsa. Masa pakai baterai semacam itu biasanya beberapa tahun. Ketika baterai habis, mereka biasanya harus diganti. Dalam gerakan arloji kuarsa, jam tidak diatur oleh sistem berosilasi, tetapi oleh kuarsa yang memberi nama gerakan itu. Kristal kuarsa mulai berosilasi setelah bersentuhan dengan tegangan listrik. Karena frekuensi osilasi secara signifikan lebih tinggi daripada gerakan mekanis, jam tangan kuarsa memiliki keunggulan lebih akurat dalam perputaran waktu.

Perbandingan: jam tangan otomatis vs. kuarsa

Harus dikatakan sebelumnya bahwa sebenarnya tidak ada pilihan mutlak mana yang lebih baik dari keduanya. Itu selalu tergantung pada individual masing-masing dan seberapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan atau untuk apa Anda memilih jam tersebut untuk digunakan.

Jam Tangan

Keunggulan

Kelemahan

Automatic

Memiliki daya tahan tinggi, tak lekang oleh waktu. Dapat bertahan sampai beberapa generasi Perlu memberikan perawatan yang kompleks agar komponen mesin jam tidak cepat aus dan oli tidak kering
Dapat menjadi objek prestise dan aset yang berharga dalamberinvestasi Memiliki harga yang sangat mahal
Tidak butuh baterai sebagai energi penggerak mesin jam Akurasi perputaran mesin jam masih minim, Karena jam tangan otomatis bergantung pada gerakan pemakainya
Lebih estetik, dengan Gerakan jarum detik yang bergerak menyapu. Pada beberapa jam tangan di grafir secara handmade (Ekslusif) Dimensinya lebih berisi, lebih berat dan bervolume

Quartz

Harga Jauh lebih terjangkau Kurang cocok sebagai aset dan barang investasi
Konstruksi lebih kecil dan lebih ringan Daya tahan lebih rendah dari jam tangan mekanis
Pemeliharaan dan perawatan komponen mesin jam relatif simpel Perlu mengganti baterai, jika daya baterai habis
Akurasi perputaran mesin jam sangat akurat Estetika tidak terlalu dikedepankan, lebih mengendepankan fungsi dan kepraktisan

Jam tangan kuarsa dan jam tangan otomatis bekerja dengan cara berbeda untuk menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan preferensi orang masing-masing. Jadi, apakah anda sudah bisa menentukan jam tangan yang mana yang cocok untuk anda?

TIK-TOK Watch Repair menyediakan service perbaikan jam tangan seperti, polish, overhaul, service, battery replacement, cleaning dan pergantian spareparts dan tersedia juga accessories lainnya seperti strap, watch winders, dan jam dinding unik untuk dekorasi rumahmu!

Konsultasikan kebutuhan jam tanganmu pada TIK-TOK Watch Repair, kami akan berusaha membantu kebutuhan jam tangan anda. Untuk konsultasi online (free) hubungi Whatsapp kami di nomor +6287720689623.

 

 

Leave a comment

Open chat
1
Hi,

You will be connected to TIK-TOK Watch Repair customer service.

Please click the button below to have a direct WhatsApp chat with us.

------------------

Hi,

Anda akan terkoneksi dengan customer support kami dari TIK-TOK Repair

Silahkan gunakan tombol di bawah ini untuk memulai chat.