Tahun baru tiba. Saat yang tepat untuk memastikan segala sesuatu kembali “fresh” seperti baru lagi.

Bukan hanya jiwa dan raga yang harus kembali fresh, tapi juga berbagai benda kesayangan yang selalu menemani hari-hari Anda. Mulai dari kendaraan hingga aksesoris yang kerap melekat pada tubuh, perlu dipastikan agar semua tetap berfungsi dengan baik.

Salah satunya benda yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah jam tangan. Pasalnya, meskipun ukurannya terbilang kecil, jam tangan senantiasa menemani dan membantu Anda dalam mengatur segala aktivitas. Nah, coba ingat-ingat, sudah berapa usia jam tangan Anda? Jangan-jangan, sudah tiba waktunya untuk mendapat perawatan ekstra.

Pada dasarnya, hampir setiap produsen jam tangan menyarankan untuk menservis jam tangan setiap 4-5 tahun sekali. Servis ini biasanya meliputi pembersihan, pelumasan, ataupun pengecekan sparepart. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga performa dari jam tangan dan mencegah kerusakan yang mungkin timbul di kemudian hari. Kendati demikian, ada juga beranggapan bahwa tidak perlu melakukan servis selama jam tangan tidak rusak atau masih berfungsi dengan baik.

Hal ini serupa halnya dalam hal merawat gigi. Ada orang yang memilih untuk rutin mengunjungi dokter gigi dan melakukan perawatan secara berkala setiap enam bulan sekali. Namun, ada juga yang pergi ke dokter gigi hanya pada saat giginya mengalami masalah alias sakit. Begitu juga dengan jam tangan. Anda bisa memilih untuk “merawat” secara berkala demi mencegah kerusakan, atau hanya “memperbaiki” ketika dibutuhkan.

Watchmaker TIK-TOK Melakukan Perbaikan Jam Tangan Open lab

Jika Anda adalah golongan orang yang “pergi ke drg ketika sakit gigi”, TikTok mencoba merangkum beberapa tipe “penyakit” jam tangan yang perlu Anda waspadai.

1. Lembab atau berembun

Jika Anda mendapati jam tangan Anda berembun, jangan tunda lagi untuk membawanya ke tempat servis. Pasalnya, setetes saja air masuk ke dalam jam tangan, akan mengakibatkan kerusakan yang fatal. Sejumlah komponen penting dari jam tangan dapat mengalami korosi dan berujung penggantian sparepart yang dapat dipastikan menelan lebih banyak biaya.

2. Jarum detik melompat (skip)

Jam tangan berjenis quartz tentunya memerlukan energi dari baterai. Salah satu indikator baterai yang mulai lemah adalah seringnya jarum detik melompat (skip). Segeralah ganti baterai jam Anda daripada menunggu hingga jam tangan mati, atau lebih parah mengalami kebocoran baterai dan merusak komponen lainnya.

3. Mengeluarkan suara aneh

Ada ratusan komponen super kecil yang bekerja menggerakkan jam tangan Anda. Skrup, per dan roda kecil ini sangatlah sensitif. Apabila jam tangan Anda pernah jatuh ataupun mengalami benturan yang cukup kuat, ada kemungkinan komponen jam tangan Anda kehilangan persistensinya alias menjadi longgar. Jika ini terjadi, tidak ada salahnya meminta bantuan sang ahli di tempat servis kepercayaan Anda.

Watchmaker Pekerjaan detail perbaikan jam

4. Tidak akurat

Fungsi utama sebuah jam tangan tentulah untuk menunjukkan waktu pagi si pemakainya. Namun, apa jadinya jika waktu yang ditunjukkan tidak lagi akurat? Jam tangan sendiri memiliki batas standar eror, yakni 4 detik lebih lambat (-4) atau 6 detik lebih cepat (+6). Beberapa produk atau brand bahkan lebih ketat lagi dan hanya mentolerir eror sebanyak +2/-2. Ada banyak skenario yang bisa menyebabkan jam kehilangan akurasinya. Mulai dari pengaruh magnet hingga kemungkinan oli jam yang mulai mengering. Yang pasti, pemeriksaan lebih lanjut sangatlah diperlukan untuk mencari penyebabnya.

5. Tidak berfungsi

Penyakit terparah tentunya ketika jam tangan Anda berhenti berfungsi alias matot. Jika Anda bukanlah seorang ahli, sebaiknya jangan coba-coba membuka jam tangan Anda karena begitu banyak komponen-komponen kecil yang tersusun di dalamnya. Daripada kehilangan jam tangan kesayangan Anda, lebih baik menyerahkan pada sang ahli, bukan?

Demikianlah sejumlah “penyakit” jam tangan yang perlu Anda waspadai. Tentu saja, mencegah lebih baik daripada mengobati. Pastikan Anda juga menyerahkan jam tangan Anda di tangan yang tepat seperti di gerai resmi atau toko reparasi jam terpercaya.

TIK-TOK Watch Repair sebagai toko reparasi jam profesional dan terpercaya di Indonesia menyediakan service pergantian baterai serta kebutuhan service/reparasi jam tangan lainnya, baik melalui toko-toko kami yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Solo, dan Bali maupun secara online dengan menghubungi CS kami di nomor WhatsApp +6281219537308.

Leave a comment

Open chat
1
Hi,

You will be connected to TIK-TOK Watch Repair customer service.

Please click the button below to have a direct WhatsApp chat with us.

------------------

Hi,

Anda akan terkoneksi dengan customer support kami dari TIK-TOK Repair

Silahkan gunakan tombol di bawah ini untuk memulai chat.