Pada artikel sebelumnya TIK-TOK Watch Repair telah membahas beberapa jenis jam tangan yang dikategorikan berdasarkan kondisi fisiknya: tipe layar/display dan tampilan/style. Kali ini kami akan mengulas dua kategori lainnya, yakni: jenis jam tangan berdasarkan sumber daya dan fungsinya.

Sumber Daya Jam Tangan

Dengan mengesampingkan tampilan fisiknya, pada kategori ini jam tangan dikelompokkan berdasarkan sumber daya yang dipakai untuk menggerakkan mesinnya.

1. Solar-Powered Watch

Mengusung konsep ramah lingkungan, jam tangan jenis ini menjadikan cahaya sebagai sumber utama energinya.  Cahaya yang ditangkap melalui permukaan jam tangan kemudian dikonversi menjadi tenaga listrik yang menggerakkan mesin jam tangan. Kendati menggunakan kata “solar” yang berarti matahari, jam tangan jenis ini sesungguhnya dapat memanfaatkan segala jenis cahaya untuk menjadi pasokan energinya. Citizen dan Seiko diketahui bersaing untuk membuat solar watch terbaik melalui lini Eco-Drive dan Seiko Solar.

2. Quartz Watch

Pada dasarnya, jam tangan quartz ditunjang oleh daya baterai. Namun, walaupun jam tangan jenis ini dikenal paling akurat, Anda dituntut untuk rutin mengganti baterainya agar tidak kehilangan ketepatan waktunya. Jika tidak, maka jam tangan quartz akan menjadi tidak berguna sama sekali.

3. Lithium-ion Watch

Jam tangan pintar atau smartwatch lazimnya menggunakan baterai lithium sebagai sumber dayanya. Kelebihan baterai lithium adalah kemampuannya untuk diisi ulang (rechargeable). Hal ini sangat mendukung performance dari sebuah jam tangan pintar. Pasalnya, sebuah smartwatch memiliki banyak fitur pintar seperti GPS, kamera, fitness tracker, dll; yang membuatnya sangat boros daya.

Fungsi Jam Tangan

Seperti kita ketahui, saat ini fungsi sebuah jam tangan bukan lagi sekadar untuk memberitahukan waktu. Karena banyaknya ragam fitur yang ditawarkan, jam tangan juga bisa dikelompokkan berdasarkan fungsinya pendukungya.

1. Chonograph Watch

Chronograph berasal dari kata chrono yang berati waktu dan graph yang artinya alat. Dengan kata lain, chronograph watch adalah jam tangan yang dilengkapi fitur pengukur waktu atau yang lebih kita kenal dengan stopwatch. Untuk menggunakan fungsi pengukur waktu tersebut, biasanya jam tangan ini dilengkapi dengan dua tombol di bagian sisinya;  satu tombol untuk mulai/berhenti, sementara yang lain untuk mengatur ulang (reset).

2. GMT Watch

GMT merupakan singkatan dari Greenwich Mean Time – yang adalah standar waktu di seluruh dunia. Fitur utama yang membedakan jam tangan GMT adalah jarum jam tambahan. Di samping jarum penunjuk jam, menit dan detik; ada juga jarum keempat yang berotasi terpisah dari tiga jarum lainnya. Sebagai tambahannya, GMT watch juga dilengkapi dengan bezel yang dapat diputar dan disetel menyesuaikan perbedaan zona waktu.

Yuk Kenalan Dengan Jam Tanganmu

3. Moonphase Watch

Jam tangan jenis ini memiliki fitur yang menunjukan perubahan fase siklus 29,5 hari setiap bulannya. Tampilan khas moonphase ada pada bagian dial. Nampak jendela berbentuk setengah lingkaran yang di bawahnya terdapat cakram dengan dua bulan identik. Pada era modern, fitur moonphase dipasang untuk mengekspresikan kecanggihan teknis dan menonjolkan sisi artistik sebuah jam tangan.

4. Smartwatch

Sesuai dengan namanya, jam tangan jenis smartwatch mengusung berbagai fitur canggih yang dapat terhubung dengan perangkat elektronik modern, mulai dari speaker hingga ponsel. Dengan kemampuan sinkronisasi data dan didukung layar sentuh, pengguna smartwatch dapat dengan mudah mengakses ponsel mereka tanpa perlu mengeluarkannya dari tas. Kendati demikian, fitur yang ditawarkan oleh setiap smartwatch tidak selalu sama.

5. Tool Watch

Walaupun tidak ada penjelasan spesifik yang dapat mendefinisikan sebuah tool watch, biasanya jam tangan jenis ini memiliki fitur atau “perangkat” yang melebihi standar dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus. Beberapa contohnya adalah dive watch, pilot watch dan field watch. Masing-masing memiliki fitur berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

Karena dirancang bagi para penyelam, dive watch umumnya dilindungi lapisan karet tebal untuk mencegah masuknya air. Sementara itu, pilot watch yang ditujukan bagi para penerbang, biasanya berukuran besar dilengkapi sejumlah fitur khusus seperti tachymeters, altimeters, compasses, dan lain-lain.  Lain lagi halnya dengan field watch. Ditujukkan bagi dunia militer, jam tangan ini dibuat “tahan banting” dengan kemampuan bertahan pada air, tanah, pasir, bahkan lumpur. Jam tangan jenis ini sangat sempurna bagi anggota kepolisian, pemadam kebakaran, hingga tentara.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis jam tangan yang ada, apakah Anda telah mengenal jam tangan Anda? Apakah jam tangan yang Anda punya saat ini sudah cocok dengan kepribadian, atau jangan-jangan banyak fitur jam tangan yang ternyata tidak Anda butuhkan? Yang pasti, apapun jenis jam tangan yang Anda miliki, haruslah mendapat perawatan yang tepat agar berumur panjang.

TIK-TOK Watch Repair adalah salah satu solusi untuk merawat jam tangan kesayangan Anda.  Sebagai toko reparasi jam profesional dan terpercaya di Indonesia, TIK-TOK Watch Repair menyediakan service pergantian baterai serta kebutuhan service/reparasi jam tangan lainnya; baik melalui toko-toko yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Solo, dan Bali; maupun secara online dengan menghubungi CS kami di nomor WhatsApp +6281219537308.

Leave a comment

Open chat
1
Hi,

You will be connected to TIK-TOK Watch Repair customer service.

Please click the button below to have a direct WhatsApp chat with us.

------------------

Hi,

Anda akan terkoneksi dengan customer support kami dari TIK-TOK Repair

Silahkan gunakan tombol di bawah ini untuk memulai chat.