“Tak kenal maka tak sayang…”

Peribahasa ini rasanya cocok untuk menggambarkan hubungan Anda dan jam tangan Anda. Pasalnya, masih ada pemakai jam tangan yang ternyata tak begitu mengenal jam tangannya sendiri. Bagaimana bisa memberi perhatian lebih, jika tak kenal dan tak sayang pada jam tangan Anda?

Kenal di sini maksudnya bukan sekadar mengetahui brand dari jam tangan tersebut, tapi juga mengenal jenis atau tipenya. Karena, beda tipe, beda juga kegunaannya. Bahkan, bisa jadi beda juga waktu untuk memakainya.

Secara umum, jam tangan hanya memiliki 2 jenis, yakni: jam tangan quartz dan mekanik. Jam tangan quartz biasanya memerlukan perawatan yang tidak terlalu kompleks. Lain halnya dengan jam mekanik yang membutuhkan perawatan setidaknya satu kali dalam setahun.

Namun, jika kita gali lebih dalam, ada setidaknya lima kategori yang bisa menjadi acuan untuk menentukan jenis sebuah jam tangan. Untuk itu, kali ini TIK-TOK Watch Repair mencoba merangkum beberapa jenis jam tangan yang dibagi ke dalam beberapa kategori.

Display/Layar Jam Tangan

Salah satu cara yang paling mudah untuk menentukan jenis jam tangan adalah dengan melihat display atau tampilan layarnya. Yang terpenting pada kategori ini adalah apa yang dapat Anda lihat di layar jam tangan tersebut.

1. Analog Watch

Bisa dibilang, ini adalah jenis jam tangan yang paling tradisional. Jam tangan jenis analog hanya memiliki jarum penunjuk jam, jarum penunjuk menit dan terkadang memiliki tambahan jarum penunjuk detik.

Jam jenis ini lazim dijumpai di sekeliling kita; mulai dari rumah, sekolah, hingga sarana umum. Bahkan, bisa jadi jam jenis inilah yang digunakan para orangtua untuk mengajarkan anaknya cara membaca waktu. Karena itu, tidak perlu dijelaskan lagi bagaimana cara kerjanya.

2. Digital Watch

Jam jenis ini menggunakan layar LCD untuk menampilkan waktu dan semua informasi lain yang mungkin dimiliki oleh sebuah jam. Karena jenis ini memerlukan energi listrik, jam tangan digital hanya tersedia di antara jam tangan quartz.

3. Hybrid Watch

Tipe ini merupakan gabungan antara analog dan digital. Saat pertama kali melihatnya, jam tangan hybrid terlihat seperti jam analog karena adanya jarum jam, menit dan detiknya. Namun, jam tangan ini menawarkan lebih dari sekadar penunjuk waktu pada layar LCD-nya. Karena itu, kebanyakan pemakai jam tangan jenis ini menginginkan tampilan klasik ala jam tangan analog yang dikombinasikan dengan berbagai kecanggihan yang ditawarkan oleh jam pintar (smartwatch).

4. Tactile Watch

Pada dasarnya, jam tangan tactile dirancang untuk memberitahukan waktu tanpa kita perlu melihatnya. Pada umumnya, jam tangan jenis ini ditujukan bagi penyandang tuna netra. Alih-alih menggunakan jarum penunjuk waktu, jam tangan tactile memiliki dua bola yang mengelilingi jam, sebagai penanda jam dan menit. Ada juga yang dilengkapi dengan simbol braille sehingga lebih akurat.

5. Touchscreen Watch

Seperti namanya, jam tangan jenis ini mengandalkan sentuhan jari Anda untuk pengoperasiannya. Hal ini tentunya mendukung smartwatch yang menawarkan banyak fitur canggih. Karena semua fitur tersebut tidak dapat ditampilkan sekaligus pada layar, sistem sentuh akan memudahkan pengguna untuk memilih fitur yang diperlukannya.

 

Style/Tampilan Jam Tangan

Kategori ini mengelompokan jam tangan berdasarkan daya tarik atau visual appeal yang dimiliki sebuah jam tangan. Kita dapat melihat apakah sebuah jam tangan dapat dipakai dalam kegiatan sehari-hari, atau hanya cocok digunakan pada acara formal, dengan menilik desainnya.

1. Casual Watch

Selayaknya pakaian, kata kasual mengindikasi bahwa jam tangan tersebut dapat dikenakan dalam aktifitas sehari-hari. Desain jam tangan umumnya tidak berkesan elegan atau mencolok ketika Anda pakai. Biasanya harga jam tangan jenis ini cukup terjangkau dan mungkin adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin memberikan hadiah jam tangan pada orang yang belum terlalu Anda kenal.

2. Dress Watch

Simpel namun elegan. Kurang lebih itulah gambaran sebuah dress watch. Berbanding terbalik dengan jenis kasual, jam tangan jenis ini adalah pilihan tepat untuk tampilan formal maupun bisnis. Desain yang terbaik adalah yang memiliki bentuk cukup kecil sehingga bisa tersembunyi di bawah lengan kemeja atau jas. Untuk membuatnya tetap simpel, bagian dial dan bezel dari dress watch biasanya tidak kaya ornament.

Mengenali Jenis Jam Tangan Anda

3. Fashion Watch

Sesuai dengan julukannya, jam tangan yang termasuk dalam kategori ini adalah jam tangan yang dirilis oleh berbagai brand fashion dan bukannya oleh brand spesialis jam tangan. Beberapa contoh brand yang menjual fashion watch adalah Emporio Armani, Hugo Boss, Gucci, Michael Kors dan Guess. Mereka biasanya lebih focus pada sisi estetik sebuah jam tangan dan menyerahkan pembuatan mesin jam tangan pada perusahaan lain. Uniknya, kebanyakan brand fashion menggunakan teknologi yang tidak terlalu mahal, namun menjual kembali dengan harga yang fantastis karena telah menyematkan logo dari brand mereka.

4. Luxury Watch

Ada fashion watch, ada pula luxury watch. Kendati sama-sama memiliki harga fantastis, ada perbedaan mendasar dari dua golongan ini. Luxury watch umumnya dibuat oleh perusahaan yang memang sudah memiliki sejarah atau rekam jejak dalam dunia watchmaking. Bukan sekadar mengunakan emas, berlian dan berbagai komponen mewah untuk meningkatkan nilainya, luxury watch juga menggunakan teknologi yang canggih dan dibuat dengan sangat seksama oleh tangan-tangan professional.

Patek Philippe, Hublot, Vacheron Constantin, Audemars Piguet, Lange & Söhne, Jaeger-LeCoultre, Tag Heuer dan Rolex adalah sejumlah brand yang dikenal dengan produk jam tangan mewahnya. Luxury watch lazimnya menjadi incaran para kolektor, kaum selebritas dan sosialita.

(…bersambung ke Part 2)

Leave a comment

Open chat
1
Hi,

You will be connected to TIK-TOK Watch Repair customer service.

Please click the button below to have a direct WhatsApp chat with us.

------------------

Hi,

Anda akan terkoneksi dengan customer support kami dari TIK-TOK Repair

Silahkan gunakan tombol di bawah ini untuk memulai chat.